Ingin Belajar Web Programming, Harus Mulai Dari Mana?
June 25, 2024 | 04:55
Informasi
dibaca 661 kali

Sumber : https://www.duniailkom.com/ingin-belajar-web-programming-harus-mulai-dari-mana/

Pertanyaan di atas sangat sering diajukan oleh programmer pemula atau kalangan awam yang ingin mulai belajar web programming. Saya juga sering ditanya terkait masalah ini baik melalui email maupun dari kolom komentar yang ada di duniailkom. Ini sangat sangat bisa dimaklumi, karena saking beragamnya materi terkait web programming, banyak programmer pemula bingung mesti memulai dari mana.

Oleh karena itu saya memutuskan untuk membuat artikel khusus mengenai hal ini, dan semoga bisa menjadi panduan dasar untuk rekan-rekan semua.


Ingin belajar web programming, harus mulai dari mana?” Pertanyaan ini juga ada dipikiran saya sewaktu mulai belajar web programming, apakah mesti belajar algoritma dulu? HTMLPHP? atau apa? Juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi web programmer yang ahli?

Saya akan mencoba menjawab semua pertanyaan ini berdasarkan pengalaman pribadi. Bagi rekan-rekan yang sudah lama ‘makan asam garam’ web programming, mungkin memiliki pendapat berbeda, silahkan tinggalkan komentar di akhir artikel…

Saya ingin mempelajari web programming, harus memulai dari mana?

Jawaban singkatnya: mulai dari HTML.

HTML adalah inti dari seluruh halaman web. Sangat mustahil untuk membuat website tanpa memiliki dasar pengetahuan tentang HTML. Untungnya, HTML juga sangat mudah dipelajari. Anda tidak perlu memiliki dasar programming atau pengetahuan tentang algoritma apapun. Satu-satunya kemampuan yang dibutuhkan adalah anda sudah cukup familiar dengan cara penggunaan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Duniailkom telah menyediakan tutorial dasar dan tutorial lanjutan seputar HTML. Anda bisa memulainya di sini: Tutorial Belajar HTML Dasar untuk Pemula.

Apabila ‘serius’ ingin mendalami HTML, duniailkom telah menyediakan eBook khusus yang membahas hampir seluruh materi dasar seputar HTML. Mulai dari dasar HTML, hingga materi HTML5 seperti form validation, tag


Setelah HTML, lanjut kemana?

Jika anda sudah menguasai HTML (minimal dasar-dasar HTML), bisa memilih antara CSS atau PHP. Apabila berminat dengan web design, silahkan lanjut mempelajari CSS. Apabila anda ingin membuat aplikasi web seperti pemrosesan form, menyimpan data ke database, membuat laporan, dll bisa lanjut ke PHP.

Saya pribadi lebih menyarankan untuk lanjut ke CSS. Dengan demikian, akan memiliki dasar yang pas dan bisa memahami bagaimana cara membuat tampilan website dan mempercantik desain halaman web.

Sama seperti HTML, CSS juga tidak membutuhkan pengetahuan apapun terkait programming. Baik CSS maupun HTML sebenarnya bukanlah sebuah ‘bahasa pemrograman’. Keduanya adalah bahasa struktur yang terdiri dari perintah-perintah sederhana (walaupun CSS mungkin ‘sedikit’ lebih rumit daripada HTML).

Duniailkom juga sudah menyediakan Tutorial CSS dasar yang bisa menjadi panduan untuk memulai belajar CSS.

Saat ini sudah tersedia eBook CSS Uncover. Pembahasan tentang dasar-dasar CSS akan dibahas dengan lengkap, mulai dari dasar penulisan CSS hingga CSS3. Termasuk cara membuat halaman web responsive yang sudah menjadi standar web design saat ini.


Web Programming dengan PHP

Berikutnya, setelah mempelajari HTML dan CSS, anda bisa lanjut ke PHP. Berbeda dengan HTML dan CSS, PHP ‘murni’ sebuah bahasa pemrograman komputer. HTML dan CSS sendiri belum bisa dikatakan bahasa pemrograman, tapi lebih ke bahasa kode. Di PHP inilah web programming yang sebenarnya.

PHP digunakan untuk membuat ‘program’ dari sebuah website. Mulai dari mengatur alur logika, memproses hasil form HTML, hingga berkomunikasi dengan database seperti MySQL. Jika anda membuat sebuah website modern, 80% waktu akan anda habiskan membuat kode program PHP, terutama website kaya fitur seperti sistem informasi, ujian online, portal berita, dll.

Untuk dapat mempelajari PHP, sebaiknya punya dasar-dasar programming. Walaupun begitu, Duniailkom telah menyediakan tutorial PHP dasar untuk pemula yang dilengkapi langkah-langkah dari awal, sehingga anda bisa mempelajari PHP walaupun tidak memiliki dasar programming.

Untuk materi PHP yang lebih lengkap, duniailkom telah menyediakan eBook PHP Uncover. Dalam buku ini akan dibahas konsep dasar pemrograman PHP hingga studi kasus membuat aplikasi sistem informasi sederhana / aplikasi CRUD.


Menyimpan Data di Database MySQL

Ketika membuat website dengan PHP, kadang kita perlu untuk menyimpan data seperti registrasi user, laporan penjualan, hasil perhitungan, dll. Media penyimpanan ini dikenal dengan database.

Terdapat beragam aplikasi database yang bisa digunakan, saat ini aplikasi database yang paling populer untuk web programming adalah MySQL. Anda bisa mempelajari MySQL pada saat bersamaan dengan PHP atau fokus ke PHP, baru kemudian lanjut ke MySQL.

Jika anda mengikuti perkembangan terbaru web programming, sekarang juga muncul aplikasi database baru: MariaDBMariaDB sebenarnya adalah ‘cloningan‘ dari MySQL. Seluruh perintah di MySQL tetap berjalan di MariaDB. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir untuk mulai belajar MySQL (walaupun nantinya akan menggunakan MariaDB).

Duniailkom juga telah menyediakan Tutorial Belajar MySQL Dasar.

Saat ini sudah tersedia eBook MySQL Uncover. Pembahasan tentang dasar MySQL dan MariaDB akan dibahas dengan lengkap, mulai query seperti SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE hingga materi advanced seperti view, stored procedure dan trigger.


Animasi dengan JavaScript

Materi terakhir yang perlu dikuasai adalah JavaScript. Sama seperti PHP, JavaScript merupakan bahasa pemrograman murni.

JavaScript diperlukan untuk membuat halaman website yang interaktif, seperti apa yang terjadi ketika sebuah tombol di-klik, menampilkan pesan kesalahan jika salah mengisi form, membuat animasi hingga game online berbasis web.

Sebenarnya, anda bisa langsung mempelajari JavaScript setelah belajar HTML, tapi saya menyarankan untuk masuk ke JavaScript setelah paham PHP, terutama jika anda belum pernah mempelajari bahasa pemrograman komputer sebelumnya.

JavaScript menggunakan konsep pemrograman berbasis objek (Object Oriented Programming). Konsep OOP cukup sulit untuk pemula (terutama jika anda belum pernah belajar OOP). Walaupun begitu, dengan materi dan panduan yang sesuai, belajar JavaScript sangat menyenangkan. Fitur dan hasil akhir yang bisa didapat dengan JavaScript sangat menarik, seperti animasi, konten interaktif, dll.

Tutorial JavaScript dapat dipelajari di sini: Tutorial Belajar JavaScript Dasar untuk Pemula

Comments
Baca Juga
HADAPI TRANSFORMASI DIGITAL
Informasi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. read more

BELAJAR JARAK JAUH TETAP MENYENANGKAN
Up to date

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini telah mengubah banyak hal. Selain di bidang ekonomi, dunia pendidikan pun merasakan dampaknya. read more

© 2021 astartekno.com - All Rights Reserved.